Mengenai Konsumen Indonesia

Konsumen Indonesia adalah organisasi berbentuk perkumpulan dengan anggota warganegara Indonesia sebagai konsumen. Konsumen Indonesia bersifat independen, nirlaba dan nonpartisan.

Konsumen Indonesia didirikan tanggal 8 Juli 2015 di Jakarta oleh delapan orang konsumen yaitu Harry Surjadi, Yosep Suprayogi, Arimbi Heroepoetri, Christine Effendy, I Made Cock Wirawan, Bibong Widyarti D, Farida Indriastuti, Tejo Wahyu Jadmiko.

Konsumen Indonesia sah sebagai badan hukum resmi berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manuisa Republik Indonesia No AHU-0001894.AH.01.07.TAHUN 2015 yang diterbitkan tanggal 10 Juli 2015 di Jakarta.

Visi

Konsumen Indonesia memiliki visi “konsumen yang sadar informasi untuk wewujudkan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dengan menghimpun kekuatan konsumen.

Misi

Konsumen Indonesia mempunyai empat poin misi yaitu:

  1. Misi Konsumen Indonesia adalah meningkatkan pemahaman konsumen akan pentingnya konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan mendorong agar konsumen bisa menjalankan konsumsi yang berkelanjutan
  1. Misi Konsumen Indonesia adalah meningkatkan pemahaman produsen akan pentingnya produksi yang berkelanjutan dan mendorong agar produsen bisa menjalankan produksi yang berkelanjutan
  1. Misi Konsumen Indonesia adalah menyediakan layanan informasi penting bagi para konsumen agar bisa menjalankan konsumsi yang berkelanjutan
  1. Misi Konsumen Indonesia adalah meningkatkan kesadaran para konsumen dan produsen agar mampu melaksanakan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan

Tujuan

Tujuan Konsumen Indonesia adalah:

  1. Membangun jaringan konsumen yang kuat dan lebih erat di seluruh Indonesia
  2. Mendorong supaya konsumen dan produsen menerapkan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan
  3. Menggalang kekuatan konsumen untuk mendesak agar produsen mengikuti produksi yang berkelanjutan
  4. Membantu konsumen agar bisa menjalankan konsumsi yang berkelanjutan
  5. Membantu menyediakan informasi penting agar konsumen bisa menjalankan konsumsi yang berkelanjutan

Kegiatan

Untuk mencapai tujuan organisasi, Konsumen Indonesia akan berusaha terus-menerus meningkatkan pengetahuan konsumen tentang konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Dalam melaksanakan kegiatannya, Konsumen Indonesia menciptakan strategi dengan berorientasi pada masa depan untuk mendorong adanya perubahan mendasar pada cara berpikir manusia yang akan membawa pada perubahan mendasar dalam meningkatkan kesadaran akan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan.

Konsumen Indonesia akan mengidentifikasi dan menggali sumber daya yang tersedia di Indonesia maupun di luar negeri untuk mendukung pencapaian tujuan organisasi.

Selain itu, Konsumen Indonesia akan membangun koalisi-koalisi dengan institusi-institusi riset dan individu-individu ilmuwan yang mempunyai kepentingan yang sejalan dengan tujuan organisasi.

Konsumen Indonesia akan melaksanakan kegiatan lainnya yang sejalan dengan tujuan organisasi.

Anggota

Anggota Konsumen Indonesia adalah individu warga negara Indonesia yang sadar akan pentingnya konsumsi dan produksi yang berkelanjutan dan memiliki komitmen untuk mewujudkan konsumsi dan produksi yang berkelanjutan di Indonesia.